sarihunhasan


Belajar Tawakal dari Kang Tani
16 November 2011, 08:31
Filed under: Agama

Guruku memerintahkan saya mengamati seorang pemuda yang kesehariannya adalah bertani. Guruku bilang ia adalah pemuda yang Tawakal (pasrah) nya pada Allah lebih baik dari saya.

Dengan tanpa memberitahukan niat kedatanganku, aku kunjungi pemuda itu, setelah berbasa-basi aku mulai bertanya tentang caranya bertani.  Begini uraiannya :

” Bertani itu Sarihun, haruslah kita mempunyai ilmunya dalam pertanian, baik cara mengolah tanah, pemilihan bibit dan perawatannya, dan itu semua aku peroleh waktu kuliah dulu dan pengalaman membantu bapakku di sawah. Dan begitulah segala ilmu yang aku peroleh aku terapkan semua ya tentunya dikondisikan dengan permasalahan yang ada, aku coba bertani dengan teori keilmuan yang ada, aku berusaha agar caraku bertani mendapat nilai seratus bila dilihat dari tolok ukur ilmu pertanian, hanya itu sarihun , caraku bertani. Namun setelah kusempurnakan semua dengan ilmu barulah aku serahkan semua pada Allah, aku tidak ingin Allah memberi keberhasilan padaku dengan cuma-cuma walaupun Allah mampu dan berhak. tapi aku ingin Allah juga menilai usahaku dari segi prestasi kerjaku, mungkin aku agak keterlaluan dalam hal ini Sarihun, maklum aku sangatlah kurang dalam ilmu agama, namun akupun punya harapan ilmu pertanianku akan berbuah pula di akhirat.”

Uraian dari Kang Tani yang sedikit itu kusampaikan pada Guruku, dan Guruku bilang : ” Itulah yang membuat Kang Tani lebih baik dari kamu Sarihun, “


12 Komentar so far
Tinggalkan komentar

assalamualaikum,wr,wb.pak saya mau mnt tlg di terawangin,sbnrnya potensi ilmu keghaiban yg saya punya spt apa dan sdh ada peningkatannya apa blm

Komentar oleh yudistira

bismillah…
assalamu’alaka…
slam hormat sy untuk ki guru…
maaf ki sy yg bodoh dan miskin akn ilmu ini slalu merepotkan aki dgn pertanyaan” sy…
ki blkangan ini sy coba untk brmeditasi,dlm meditasi sy sring mngalami sensasi yg berat d kepla sy,dri daerah belakang tengkorak smpai daerah cakra ajna,prnah juga seperti ad energi yg kuat yg membwt kepla sy jdi muter”…
mhon pncerahanya ki…
smoga stiap apa yg aki smpaikn pd kami mndpt nlai phla yg besar d sisi Allah…Aamiin…
trimakasih…
wassalam…

Bila energi itu muncul,cobalah mengarahkannya ke hati (cakra inti). energi itulah bekal kita untuk meraga sukmo. bila berhasil kita bisa meraga sukmo sambil beraktifitas seperti biasa. seakan kita hidup di dunia dhohir dan batin.

Komentar oleh asep lukman

hebat sekali

Komentar oleh johan

Assalamu’alaikum…
Ki sering kali saya kalau bertemu dgn orang tuh ada kesan meremehkan walaupun selalu diiringi tepisan dlm hati saya bahwa saya gk boleh begitu dan mungkin orang yg saya remehkan itu lebih mulia d hadapan Gusti Alloh.dan sejatinya saya bingung atas jati diri saya dalam hati ini selalu ada perdebatan yg tak berujung.saya mohon bingbinganya apa yg harus saya lakukan.terimakasih…
Wassalamu’alaikum

Perasaan meremehkan selalu muncul ketika kita merasa telah menerima karunia Allah yang lebih dari yg lain. seperti anda yg telah menerima karunia kemampuan batin (kasyaf), maka sifat meremehkan akan lebih sering menghampiri, namun ketika anda sadar telah meremehkan seseorang biasanya karunia Allah bertambah. dan begitu seterusnya. bagaimana mengatasinya ?, orang yg hidup di pusaran ma’rifat tidak berusaha menghilangkan itu sehingga ahli ma’rifat tak pernah merasa punya kebaikan, baginya hanya Allah, ia merasa semua kebaikannya terhapus oleh rasa meremehkan orang.Mengenai perdebatan dalam diri anda, itu akan terus berlangsung kecuali Allah berkehendak lain. namun harus berhati-hati, posisimu sekarang jarak antara iman dan kafir sangat tipis.

Komentar oleh sang-kuri(a)ng anom

assalamu’alaikum…
saya bingung hrus berkata apa,mungkinkah saya yg stiap hari berkecimpung dlm dosa bisa mnrima karunia yg tlah aki sbutkan.ya ki,saya juga selalu takut kalau ada prdbtan dlm hati saya malah mnjrumuskan sy dlm kekafiran.trimakasih ki sdah mluangkan waktu untuk mnjawab keresahan saya.biarlah Gusti Alloh yg memblas kebaikan aki dgn sesuatu yg lebih baik tentunya.karna saya tidak bisa membalas apa yg tlah aki brikan pada sy…
trimakasih ki…
wassalamu’alaikum…

Komentar oleh sang-kuri(a)ng anom

Assalamu’alaikum…
Ki di tempat saya tinggal ada beberapa tempat pengajian,malah saya pernah ikut sekali d salah satunya.saya ingin sekali mempunyai guru tapi sepertinya saya blum merasa klop dgn yg ada d sini,saya mohon pencerahanya ki,apa yg harus saya lakukan.
Terimakasih,
Wassalamu’alaikum.

Ketika guru sejati telah menghampiri, tak ada seorangpun yang terasa layak menjadi guru, namun ketika kita dalam keadaan sendiri maka akan terasa bahwa semua yang ada layak menjadi guru. namun tetaplah kamu merindukan seorang guru karena itu akan memberimu cahaya belajar. Tetaplah kamu belajar kepada siapa saja walau kamu tidak menjadi pengikutnya.

Komentar oleh sang-kuri(a)ng anom

Assalamualaikum pak,
Awalnya tadi saya berkunjung ke blog bapak karna urusan batu akik, karna saya baru dikenalkan kawan ke “dunia” batu batuan (batu untuk perhiasan saja). Tapi sekarang saya jadi suka membaca tulisan bapak,, penuh hikmah dan nasihat,, nyaman bacanya pak,, ayo nulis lagi pak,, bagi2 ilmu pak😀

Komentar oleh yori

assalamu’alaikum.
salam silaturahim.
ki sampai sekarang saya masih merasa bingbang akan keadaan saya.saya takut menyimpang dari ajaran rosullulloh.mohon pencerahanya ki untuk memantapkan hati saya.
trimakasih.
wassalamu’alaikum.
rahayu,rahayu,rahayu…

Komentar oleh sangkuriang jati

assalamu’alaikum…
Hatur salam silaturahim,
semoga aki sekeluarga tetap dalam naungan rahmat gusti hyang agung.
wassalamu’alaikum…

Komentar oleh raden panitis

Asslm,pak saya mau tanya,apakah saya punya khodam pendamping atau tdk,mohon pencerahannya yaa pak,wassalam.

Komentar oleh yudistira

Assalamu’alaikum Wr,wb
Semoga bisa menjadi hikmah bagi kita semua untuk selalu bersabar dan tawakal kepada Allah SWT
http://zikirmuslim.wordpress.com

Komentar oleh zikirmuslim

asmlkum….ikut gbung ki saya mau tny klo ilmu roso itu ap ki da
n cara belajarnya gmn….
nb:satu lg ki saya klo d rmh ga pernah akur sama istri slalu rbut trus…tlg d trawang ki ap ad goib yg ikut cmpur….mhn pencrhannya.atur nuwum sangat ki.
nm:RONI
almat:Kreo selatan-Larangan-Tangerang-Banten

Komentar oleh wong awam




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: